Cara penyelesaian Kasus

Sebenarnya ini tugas Pengantar Bisnis, siapa tau bisa membantu…..

KASUS PENGGELAPAN PMA DAN PAJAK IM3

 Dugaan penggelapan pajak IM3 diduga melakukan penggelapan pajak dengan cara memanipulasi Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai ( SPT Masa PPN) ke kantor pajak untuk tahun buku Desember 2001 dan Desember 2002. Jika pajak masukan lebih besar dari pajak keluaran, dapat direstitusi atau ditarik kembali. Karena itu, IM3 melakukan restitusi sebesar Rp 65,7 miliar.

750 penanam modal asing (PMA) terindikasi tidak membayar pajak dengan cara melaporkan rugi selama lima tahun terakhir secara berturut-turut. Dalam kasus ini terungkap bahwa pihak manajemen berkonspirasi dengan para pejabat tinggi negara dan otoritas terkait dalam melakukan penipuan akuntansi.

Manajemen juga melakukan konspirasi dengan auditor dari kantor akuntan publik dalam melakukan manipulasi laba yang menguntungkan dirinya dan korporasi, sehingga merugikan banyak pihak dan pemerintah. Kemungkinan telah terjadi mekanisme penyuapan (bribery) dalam kasus tersebut.

Korporasi multinasional yang secara sengaja terbukti tidak memenuhi kewajiban ekonomi, hukum, dan sosialnya bisa dicabut izin operasinya dan dilarang beroperasi di negara berkembang.

Pertanyaan:

  1. Analisis penyebab kasus di atas?

Penyebab dari kasus ini yaitu mulai kurang nya bahkan sudah hilang rasa professional dan etika dalam diri seseorang seperti yg dilakukan auditor, pihak manajemen, dan pemerintah dalam membantu perusahaan tersebut untuk memanipulasi laba. Lalu, penyebab kasus di atas dikarenakan masing-masing pihak ingin mendapatkan keuntungan yg besar dengan cara illegal yaitu dengan cara memanipulasi Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai ( SPT Masa PPN) dan 750 penanam modal asing (PMA) terindikasi tidak membayar pajak dengan cara melaporkan rugi selama lima tahun terakhir secara berturut-turut.

  1. Jelaskan kemungkinan terjadinya kasus di atas?

kemungkinan terjadi nya kasus di atas dikarenakan adanya peluang yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan penggelapan, tekanan dalam persaingan di bidang yg sama, masalah ekonomi sehingga membuat suatu perusahaan harus mendapatkan keuntungan yang besar dengan cara illegal termasuk yg dilakukan oleh perusahaan diatas dengan pemalsuan surat pajak/penggelapan, dan berkurangnya rasa professional dan etika.

  1. Bagaimana correction action dan preventive control dari kasus di atas jika Anda merupakan seorang manajer keuangan?
  • correction action : melakukan transparansi tentang laporan laba/rugi sehingga tidak terjadi manipulasi dalam pajak, lalu pembenahan diri sehingga lebih professional dan beretika dalam menjalankan tanggung jawab sehingga tidak merugikan banyak pihak dan reputasi perusahaan
  • preventif control: merencanakan dengan baik tanggung jawab sebagai manajer keuangan (manajemen arus kas,pengendalian keuangan, dan perencanaan keuangan) jadi tidak ada nya laba yg sangat berlebihan dan menguntungkan berbagai pihak dikarenakan ingin mendapatkan laba sangat besar dengan cara illegal.
Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *